Senin, 19 Desember 2011

MANJA MENUMPULKAN PIKIRAN


          Hingga kini banyak sekali mahasiswa yang belum benar-benar dewasa. Beberapa mahasiswa masih sangat bergantung pada orang tua. Mereka masih meminta uang jajan pada orang tua, menikmati fasilitas orang tua, hingga diantar pergi dan pulang ke kampus oleh orang tua.
          Hal tersebut tentu sangat menyedihkan. Sebagai mahasiswa sudah sepantasnya kita belajar menjadi manusia mandiri. Kita harus membiasakan diri kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sendiri. Kita bisa mulai dari tidak diantar pergi dan pulang ke kampus oleh orang tua. Kita bisa juga mulai dengan tidak meminta uang jajan pada orang tua. Jika kebiasaan-kebiasaan tersebut dilakukan secara konsisten maka kita tidak akan lagi bergantung pada orang tua. Kita tidak akan lagi menjadi manusia manja.
            Manja itu buruk. Orang yang manja itu tidak bisa menggunakan pikirannya sendiri. Segala kebutuhan hidupnya selalu ia serahkan pada orang lain sebagai pemenuh kebutuhannya. Oleh karena itu, orang manja itu orang yang menumpulkan pikirannya sendiri. Bagaimana nasib bangsa ini jika mahasiswanya terdiri dari orang-orang yang manja? Orang-orang yang menumpulkan pikirannya sendiri? Bangsa ini akan hancur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar